Home » » Pengertian dari Mol dan Kres

Pengertian dari Mol dan Kres

Pasti kalian tidak asing lagi mendengar kata kres(#)ini,pada sebuah chord lagu.Jika yang mol (b)menurut saya jarang yah.Oke langsung saja kita mulai belajar,dan mungkin kalian juga bertanya kpd diri kalian sendiri"apa itu mol" atau "apa itu kres".Nah disini kita akan bahas bersama-sama.

1.Mol atau biasanya berlambang seperti huruf "b"
Mol bila diartikan adalah turun 1/2 jarak atau 1/2 = 1 jarak
misalnya nih saya kasih contoh biar jelas:
B ke C jaraknya kan 1 jarak/1 jarak = 2 jarak,klo saya mau si C ini turun 1/2 jarak maka chord apakah yang didapat?
jawab; kita kembali lagi ke rumusnya C-C#-D-D#-E-F-F#-G-G#-A-A#-B-C,ini adalah rumusnya,jadi jika chord tersebut tidak memiliki kres(#) maka jika turun 1/2 chord yang didapat adalah Bb atau Bmol.

2.Kres atau biasanya berlambang "#"
Jika mol itu turun,maka kres ini kebalikannya dari mol,yaitu naik 1/2 jarak atau 1/2 jarak = 1 jarak
misalnya saya punya chord C-D nah sekarang saya mau chord C ini naik 1/2 jarak,berarti chord yang didapatkan,chord apa?
jawab; kita kembali ke rumus (liat di atas),maka jika chord C naik 1/2 maka:
C naik 1/2 ke C# naik 1/2 ke B naik 1/2 ke B#,jadi bisa kita ketahui sekarang,bahwa chord C naik 1/2 adalh chord C#.
INGAT!!! jika kalian ingin menemukan chord # ini,kalian harus liat rumus,liat chord yang mana saja yang mempunyai kres,jika tidak ada kres contohnya seperti ini;
Saya punya chord E-F,jika saya pengen chord E ini naik 1/2,maka chord yg didapat adalah?
jawab;liat rumusnya,jadi E naik 1/2 ke F maka chord yang didapat adalah F.karena C-C#-D-D#-E-F-F#-G-G#-A-A#-B-C,nah keliatan kan kalo chord sesudah E bukanlah E# melainkan F.


Segitu dulu postingan saya hari ini,semoga bermanfaat dan jika ada sesuatu yg ingin kalian tanyakan,kalian bisa komentar di bawah ini,atau jika saya salah nulis mohon maaf karena saya juga manusia pasti punya salah.Sampai bertemu di postingan selanjutnya.


0 comments:

Post a Comment

Cara Buat Buku Tamu disini

widget by Klinik-it
Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Akustikers - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger